Inilah Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Sering Dilakukan Dokter


Apakah Anda sedang mengalami sakit gigi berlubang yang mengganggu dan tidak dapat diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan? Masalah pada gigi yang seringkali dialami oleh banyak orang, salah satunya yaitu gigi berlubang. Untuk pengobatan biasanya menggunakan obat-obatan dari dokter ataupun yang Anda beli dari apotek. Namun pada kasus yang sudah cukup parah, dokter akan merencanakan tindakan kesehatan untuk mengobatinya. Supaya lebih paham, berikut ini beberapa informasi terkait cara mengobati sakit gigi berlubang yang mungkin saja dilakukan dokter.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Terdapat beberapa tindakan yang akan dilakukan dokter dalam akan menangani sakit gigi berlubang dan menghindarkannya dari komplikasi yang makin parah. Dokter biasanya akan melakukan tindakan berikut ini disesuaikan dengan kondisi penderita.

1.Filling atau Tambal Gigi

Tambal gigi menjadi cara pertama yang sering disarankan oleh dokter sebagai cara mengobati sakit gigi berlubang. Tindakan tersebut dilakukan dokter dengan menambal bagian gigi berlubang menggunakan bahan khusus. Biasanya digunakan bahan seperti porselen, emas, perak, ataupun komposit sebagai penambal.

2. Fluoride

Penggunaan fluoride seringkali menjadi pilihan jika lubang pada gigi masih sangat kecil dengan saraf yang masih sedikit. Dalam perawatannya, dokter akan menggosok fluoride cair, busa, gel, ataupun varnish ke gigi. Kandungan fluoride ini sebenarnya sama seperti pada pasta gigi, hanya saja dalam jumlah yang lebih banyak. Sehingga tentu saja, efeknya pada gigi juga menjadi lebih optimal dalam memberikan perawatan.

3. Cahaya Neon

Cahaya Neon menjadi cara atau tindakan kesehatan baru yang digunakan untuk mengatasi gigi berlubang. Teknik Cahaya Neon dapat mendeteksi perkembangan rongga gigi dengan lebih baik, dibandingkan menggunakan cara tradisional seperti sinarX. Manfaat cara ini adalah mampu menghentikan resiko terjadinya infeksi maupun pembusukan gigi, sehingga terhindar dari pencabutan.

4. Prosedur Crown

Prosedur Crown dilakukan jika terjadi pembusukan gigi yang sudah cukup parah dan menyebabkan kerapuhan gigi. Tindakan ini memungkinkan dokter membuat crown atau mahkota gigi palsu pada bagian atas gigi yang telah mengalami kerusakan. Caranya adalah dengan mengikis gigi yang rusak, lalu menyisakannya sedikit untuk dijadikan tumpuan mahkota gigi palsu. Bahan yang digunakan bisa dibuat dari bahan emas, porselen, resin, porselen fusi logam, dan bahan-bahan lain.

5. Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar menjadi cara dalam mengatasi gigi berlubang, di mana sudah terjadi pembusukan hingga bagian dalam atau pulpa atau saraf menjadi mati. Tindakan yang dilakukan adalah dengan membuang jaringan saraf yang sudah mengalami pembusukan. Setelah bersih, dokter akan menambal atau memasang crown untuk menghindari pencabutan gigi.

6. Pencabutan Gigi

Jika gigi sudah tidak bisa diselamatkan lagi, cara terakhir yang dilakukan dokter adalah dengan mencabut gigi. Tindakan ini memungkinkan munculnya ruang atau celah pada bekas gigi yang dicabut, sehingga menimbulkan pergeseran. Sebagai solusinya, dokter menganjurkan pembuatan bridge atau gigi implan sebagai pengganti gigi tersebut.

Cara mengobati sakit gigi berlubang di atas bisa menjadi pilihan, jika obat-obatan sudah tidak mampu mengatasinya. Klinik Mayapada Central Park melayani pemeriksaan gigi berlubang dengan dokter yang sudah ahli dibidangnya. Apabila ingin mendapatkan layanan klinik tersebut secara online, Anda bisa mengunjunginya via Halodoc.

Halodoc memudahkan Anda dalam mendapatkan dokter yang tepat, pembelian obat, konsultasi, hingga informasi rumah sakit dengan akurat. Anda tak perlu khawatir dengan reputasi dokter di Halodoc, lantaran sudah memiliki pengetahuan dan keahlian dibidangnya. Mulai dari layanan dokter umum hingga dokter spesialis bisa Anda dapatkan di Halodoc.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Sering Dilakukan Dokter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel