Content Creator: Prospek Kerja Luas Bergaji Tinggi, Kulik Kursusnya di Green Academy


Hai Greener! Saat ini content creator menjadi salah satu pekerjaan yang paling digandrungi di seluruh dunia, khususnya oleh anak muda. Selain pekerjaannya yang menyenangkan, ternyata prospek dan gaji profesi ini juga sangat menjanjikan.

Sebab, hampir semua bidang bisnis membutuhkan jasa content creator untuk menaikan engagement konsumen dan profit. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan prospek kerja dan berapa besarnya gaji profesi satu ini, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Pengertian Content Creator?

Meski profesi ini sudah sangat populer, nyatanya masih banyak orang yang salah kaprah mengartikannya. Sederhananya, content creator adalah seseorang yang bertugas untuk membuat konten informatif, edukatif, dan tentunya menghibur audiens.

Konten yang dibuat bisa berupa tulisan, gambar, audio, atau video. Di mana nantinya, konten tersebut akan mereka bagikan di platform media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube, dan platform lainnya.

Tujuannya adalah agar konten tersebut dapat dilihat oleh lebih banyak audiens. Sehingga, audiens dapat terhibur hingga menerima pesan dari konten tersebut. Selain membuat konten, content creator juga memiliki berbagai tugas lainnya, lho.

Berikut ini adalah cakupan tugas content creator:

  • Riset tren yang paling disukai audiens saat itu agar engagement konten tinggi.
  • Mengedit konten agar lebih menarik.
  • Mengelola media sosial dan website yang digunakan untuk mempublikasikan konten.
  • Melakukan promosi konten menggunakan berbagai fitur campaign atau ads untuk menjangkau lebih banyak audiens.
  • Evaluasi traffic konten dan melakukan perbaikan untuk konten selanjutnya.

Apa Saja Jenis Content Creator?

Hingga saat ini, content creator terbagi menjadi beberapa jenis dengan spesialisasi yang berbeda. Di antaranya adalah:

  • Penulis (Writer)

Penulis adalah content creator yang membuat sebuah konten dalam bentuk tulisan. Bisa berupa artikel, buku, cerpen, berita, majalah, dan lain sebagainya.

Contoh umum dari writer content creator adalah blogger, penulis buku, content writer, script writer, dan masih banyak lainnya.

  • Visualisator (Visualizer)

Jenis berikutnya adalah visualisator yang membuat konten berupa gambaran visual, seperti poster, video, gif, meme, atau animasi. Konten dari content creator visualisator dapat dengan mudah Anda temui di media sosial dan lingkungan sekitar.

  • Pembicara (Speaker)

Pembicara merupakan content creator yang mengajak bicara atau berkomunikasi dengan audiens melalui kontennya. Sehingga, audiens akan betah dan menikmati konten tersebut.

Contoh dari pembicara adalah vlogger, podcaster, serta voice over. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan konten-konten tersebut, kan?

Bagaimana Prospek Kerja Content Creator?

Prospek kerja untuk content creator di Indonesia sangat bagus dan menjanjikan. Selain bisa bekerja di perusahaan, Anda juga bisa bekerja secara mandiri. Dengan begitu, peluang kerjanya sangat tinggi.

Sebagai gambaran lebih jelasnya, berikut ini adalah berbagai bidang pekerjaan yang membutuhkan jasa content creator:

  • Tim Marketing Perusahaan

Saat ini proses marketing atau pemasaran produk tidak cukup hanya dengan cara konvensional, seperti poster, menawarkan lewat sales, atau menawarkan langsung. Sebab, cakupan pemasarannya sempit dan mendatangkan profit yang sedikit.

Oleh sebab itu, sebagian besar perusahaan sudah memanfaatkan digital marketing untuk memasarkan produknya lebih luas lagi. Digital marketing sendiri merupakan proses pemasaran secara digital berbasis internet.

Misalnya adalah dengan membuat website perusahaan, membuat e-commerce, atau membuat konten unik dan menarik di blog hingga sosial media. Baik dalam bentuk tulisan, poster, hingga video.

Cara pemasaran menggunakan konten yang unik dan menarik terbukti dapat meningkatkan engagement dari calon audiens. Di mana audiens akan lebih mudah mengingat produk yang sedang dipasarkan dan tertarik untuk membeli.

Sehingga, besar kemungkinan angka penjualan meningkat. Oleh sebab itu, peran content creator sangat diperlukan dalam tim marketing.

  • Tim Kreatif Perusahaan

Tidak hanya dalam tim marketing, content creator juga sangat diperlukan oleh tim kreatif. Tujuannya adalah untuk membuat konten informatif, edukatif, dan interaktif untuk audiens.

Selain itu, tugas lainnya adalah harus membangun image perusahaan menjadi lebih baik melalui konten yang Anda buat. Sehingga, brand awareness audiens terhadap perusahaan akan positif.

Jika berminat menjadi content creator untuk tim kreatif di perusahaan, maka pastikan Anda mengenal dengan baik perusahaan tempat bekerja. Mulai dari visi, misi, hingga karakter dan kultur positif perusahaan.

  • Animator

Pekerjaan content creator selanjutnya adalah sebagai animator. Di mana Anda membuat ide konten dalam bentuk animasi atau gambar yang bergerak.

Sebagai animator, Anda bisa bekerja secara mandiri dengan membuat animasi sendiri kemudian mempublikasikannya di media sosial dan platform lainnya. Atau, Anda juga bisa bekerja di perusahaan animasi.

Menariknya, perkembangan animasi di Indonesia sudah sangat pesat. Sudah banyak perusahaan baik skala besar maupun kecil yang mengembangkan animasi, baik dalam film maupun game. Hal ini menjadi peluang emas bagi Anda.

  • Talent Perusahaan

Saat ini banyak perusahaan hiburan yang gencar mencari content creator untuk menjadi influencer, pemandu acara live, atau jualan online. Bahkan, Anda juga berkesempatan untuk menjadi YouTuber.

Melalui perusahaan ini, nantinya Anda akan dengan mudah mendapatkan koneksi, pendapatan, hingga pekerjaan dan kerja sama dari klien. Sehingga, Anda tidak perlu lagi merintis karir dari awal.

  • Youtuber

Jika berbicara mengenai prospek kerja seorang content creator, tentunya tidak akan lepas dari YouTuber. Sebab, YouTuber menjadi salah satu profesi yang saat ini sangat populer di kalangan masyarakat.

Bahkan, banyak content creator yang berlomba menjadi YouTuber sukses dengan membuat konten semenarik mungkin. Sebab selain pendapatan YouTuber yang menjanjikan, Anda juga bisa terkenal, lho.

  • Blogger

Dari dulu hingga sekarang, blogger menjadi salah satu prospek kerja bagi seorang content creator yang masih banyak diminati. Selain bisa membagikan konten berupa tulisan,  Anda juga bisa membagikan hasil fotografi dan karya seni lain di blog.

Untuk mendapatkan penghasilan dari blog, Anda bisa memasang iklan atau membuka endorsement. Jika blog Anda ramai pengunjung dan memiliki reputasi yang baik, maka penghasilannya akan besar.

  • Podcaster

Podcast menjadi salah satu konten dalam bentuk audio yang hingga kini sangat populer di seluruh dunia, khususnya bagi kalangan muda. Skill content creator yang Anda butuhkan untuk menjadi podcaster adalah berbicara dan editing.

Anda bisa membagikan konten podcast ini di berbagai platform. Mulai dari Spotify, Apple Podcast, YouTube, dan masih banyak lagi.

Berapa Gaji Content Creator?


Photo by TheRegisti on Unsplash

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa content creator bisa bekerja secara mandiri dan di perusahaan. Keduanya tentu memiliki rentang gaji yang berbeda.

Untuk lebih jelas mengenai gaji seorang content creator mandiri dan di perusahaan, berikut ini adalah rinciannya:

  • Content Creator Mandiri

Bagi content creator mandiri, gaji yang akan Anda dapat jumlahnya tidak tetap. Bisa sangat besar atau bahkan sangat kecil, tergantung optimasi sumber penghasilan Anda.

Sumber penghasilan yang bisa Anda manfaatkan sebagai content creator mandiri adalah:

    • Adsense
    • Endorsement
    • Proyek bersama klien
    • Affiliasi
    • Dan lain-lain
  • Content creator di Perusahaan

Jika Anda bekerja di perusahaan, maka rata-rata gaji seorang content creator pemula adalah Rp3,5 juta hingga Rp6 juta. Sedangkan untuk yang sudah berpengalaman, gajinya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji tinggi sebagai content creator, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan skill. Caranya adalah dengan terus berlatih dan tentunya mengikuti kursus.

Di Mana Tempat Kursus Content Creator Terbaik?

 

Hingga saat ini banyak sekali tempat kursus yang menawarkan pelatihan menjadi content creator. Tapi, pastikan Anda jangan sampai salah pilih.

Sebab, profesi ini harus benar-benar dibimbing oleh pihak yang berpengalaman dan memahami kebutuhan audiens. Salah satu tempat kursus terbaik untuk content creator adalah Green Academy.

Green Academy sendiri merupakan lembaga pendidikan terpercaya yang menyediakan jasa training center di bidang IT, content creator, dan belajar bahasa Korea. Lembaga pendidikan ini memiliki berbagai kelebihan, di antaranya adalah:

  • Pembelajaran Langsung

Di Green Academy, proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka di dalam kelas. Sehingga, Anda bisa berinteraksi dan belajar secara langsung kepada instruktur.

Dengan begitu, tentunya Anda akan lebih leluasa bertanya dan mengeksplorasi materi yang sedang instruktur jelaskan.

  • Infrastruktur Berkualitas

Infrastruktur Green Academy sangat lengkap, khususnya untuk program kursus sebagai content creator. Sebab, lembaga kursus ini memiliki fasilitas modern dan lokasi yang strategis.

Selain itu, program pembelajaran, meteri, dan sertifikat kursus sudah berstandar Korea yang berkualitas.

  • Biaya Pelatihan Bisa Diangsur

Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya saat bergabung dengan Green Academy. Sebab, lembaga kursus ini memiliki kebijakan di mana Anda bisa mengangsur biaya pelatihan dengan bunga 0%.

  • Memberikan Dukungan Kepada Peserta

Green Academy juga memberikan dukungan sepenuh hati kepada setiap peserta. Misanyaknya dengan memberikan kesempatan bagi pesertanya untuk bisa mengikuti lokakarya, pelatihan, hingga konsultasi.

  • Dukungan Pekerjaan

Saat menjadi peserta kursus di Green Academy, Anda akan mendapatkan dukungan penuh untuk mendapatkan pekerjaan. Misalnya dengan anjuran orientasi karir, tes kepribadian, hingga koneksi ke berbagai perusahaan dalam dan luar negeri.

  • Instruktur Kompeten

Instruktur yang akan membimbing kamu belajar selama kursus di Green Academy semuanya kompeten dan berpengalaman. Sehingga, mereka mampu menyampaikan materi dengan jelas dan mudah Anda mengerti.

  • Waktu Pendidikan Fleksibel

Green Academy memiliki waktu yang fleksibel, di mana Anda bisa menentukan waktu paling sesuai. Terdapat beberapa jadwal yang bisa Anda pilih, yaitu pagi, siang, sore, dan akhir pekan.

  • Kemampuan Adaptasi Tinggi

Green Academy juga memiliki kemampuan adaptasi pembelajaran yang tinggi. Hal ini terbukti dari kebijakan yang bisa berubah sesuai dengan kondisi, kenyamanan, dan keselamatan peserta.

  • Kurikulum Standar Korea

Salah satu yang membuat kurikulum di Green Academy berkualitas adalah karena sudah sesuai dengan program di Indonesia dan Korea. Selain itu, kurikulumnya juga sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

  • Sertifikat Internasional

Setelah lulus program kursus di Green Academy, Anda akan mendapatkan sertifikat internasional. Di mana sertifikat tersebut diakui di Indonesia, Vietnam, dan Korea.

Ikuti Program Kursus Content Creator Green Academy!


Photo by Green Academy

Green Academy memiliki program untuk belajar dan mengasah skill sebagai content creator. Program kursus ini sangat cocok bagi Anda yang baru ingin terjun ke dunia content creator hingga yang sudah profesional.

Nama program khusus tersebut adalah Video Content Creator Green Academy yang berdurasi 1 bulan saja. Dalam program ini, Anda akan mempelajari serba-serbi menjadi content creator seperti:

  • Teknik videografi untuk mendapatkan angle video konten terbaik. Mulai dari tata letak kamera hingga pencahayaan.
  • Cara menggunakan berbagai perangkat video editing.
  • Mengatur dan menyesuaikan audio agar lebih menarik dan enak didengar.
  • Proses produksi video dari awal hingga akhir.
  • Mempromosikan konten di berbagai platform digital.
  • Menulis naskah untuk konten dan bagaimana menyampaikannya dalam bentuk visual.
  • Mempraktekkan apa yang sudah Anda pelajari dengan mengerjakan proyek di dunia nyata.

Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengikuti program kursus khusus content creator di Green Academy. Segera daftarkan diri Anda sekarang juga dan raih mimpi menjadi content creator profesional.

desain grafis | coding | belajar bahasa korea | training center | content creator | animation | ui ux design | data science | video editor | programmer

PT GIT Academy Indonesia 

Setiabudi 2 Buliding,

Lt.3 Suite 307, 308-380A

Jl. H.R Rasuna Said, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12920 

021 5067 6919

FAQ

  • Apa itu content creator?

Jawab: content creator adalah seseorang yang bertugas untuk membuat konten informatif, edukatif, dan tentunya menghibur audiens. Konten yang dibuat bisa berupa tulisan, gambar, audio, atau video. Di mana nantinya, konten tersebut akan mereka bagikan di platform media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube, dan platform lainnya.

  • Apa tugas content creator?

Jawab: Berikut ini adalah cakupan tugas content creator:

    • Riset tren yang paling disukai audiens saat itu agar engagement konten tinggi.
    • Mengedit konten agar lebih menarik.
    • Mengelola media sosial dan website yang digunakan untuk mempublikasikan konten.
    • Melakukan promosi konten menggunakan berbagai fitur campaign atau ads untuk menjangkau lebih banyak audiens.
    • Evaluasi traffic konten dan melakukan perbaikan untuk konten selanjutnya.
  • Apa saja bidang pekerjaan yang membutuhkan content creator?

Jawab: Berikut ini adalah berbagai bidang pekerjaan yang membutuhkan jasa content creator:

    • Tim marketing perusahaan
    • Tim kreatif perusahaan
    • Animator
    • Talent Perusahaan
    • Youtuber
    • Blogger
    • Podcaster

Belum ada Komentar untuk "Content Creator: Prospek Kerja Luas Bergaji Tinggi, Kulik Kursusnya di Green Academy"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel