Manfaat Fisioterapi Untuk Stroke

Manfaat Fisioterapi Untuk Stroke

Ketika seseorang divonis terkena stroke, maka biasanya dokter akan menyarankan pasien untuk melakukan fisioterapi. Sebenarnya, apa sih manfaat fisioterapi untuk stroke itu? Tujuan dilakukannya fisioterapi adalah untuk mengembalikan fungsi tubuh pasien seperti semula. Dengan demikian pasien bisa beraktivitas kembali.

Mengapa harus melakukan Fisioterapi pasca Stroke?

Perlu diketahui bahwa stroke terjadi ketika otak kekurangan pasokan darah akibat penyumbatan pembuluh darah ataupun pecahnya pembuluh darah. Kondisi ini akan mengakibatkan sel-sel saraf yang ada di otak perlahan mati karena kekurangan nutrisi dan oksigen. Baca juga: Manfaat Susu Ensure Untuk Stroke

Nah, di bawah ini adalah beberapa manfaat fisioterapi untuk stroke yang harus Anda tahu;

Mengatasi Kekakuan Pada Otot

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa kekuatan otot bisa disembuhkan kembali dengan melakukan fisioterapi. Namun, sebelum hal itu pihak terapis akan melakukan evaluasi terhadap kondisi Anda terlebih dahulu.

Jika sudah, pihak terapis akan menentukan apakah program ini cocok dilakukan atau tidak. Selain melakukan terapi, biasanya pasien juga akan diminta untuk melakukan diet dengan tujuan untuk mengurangi kekakuan pada otot.

Mengurangi Rasa Sakit

Penderita stroke tidak hanya kesulitan dalam menggerakkan anggota tubuhnya. Namun, mereka juga sering kali merasa kesakitan ketika mencoba menggerakan organ tubuh yang terserang seperti tangan atau kaki.

Dengan melakukan fisioterapi, maka rasa sakit ini berangsur-angsur akan bisa diatasi. Untuk mengurangi rasa sakit, pasien biasanya akan diberi stimulasi listrik, terapi panas, ultrasound dan lainnya yang akan diberikan sesuai dengan kebutuhan.

Meningkatkan Kemampuan Bergerak

Ketika seseorang mengalami stroke, maka kemampuan bergerak akan menjadi lebih sulit untuk dilakukan. Anda tidak bisa berdiri, mengangkat tangan, berjalan dan bahkan ada beberapa yang mengalami kesulitan dalam berbicara.

Nah, dengan melakukan fisioterapi, maka permasalahan ini bisa diatasi. Adapun teknik fisioterapi yang diberikan juga akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Adapun kunci sukses melakukan fisioterapi pasca stroke adalah pasien harus rajin melakukan fisioterapi secara teratur. Pasien juga harus memiliki semangat untuk sembuh. Pihak keluarga juga harus selalu memberikan dukungan. Dengan demikian, manfaat fisioterapi untuk stroke bisa dirasakan.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Fisioterapi Untuk Stroke"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel