8 Trik Menentukan Warna Oli Mobil yang Harus Diganti Untuk Performa Mobil Maksimal


Salah satu perawatan mobil di bengkel yang sangat penting dilakukan adalah mengganti oli mobil dengan rutin. Biasanya, kebanyakan orang mengganti oli berdasarkan catatan jarak tempuh yang tertera pada kartu ganti oli yang tergantung di dekat stir mobil.

Padahal, ada beberapa faktor lain yang turut mempengaruhi tanda warna oli mobil yang harus diganti. Salah satunya adalah kondisi jalan yang seringkali dilalui saat berkendara. Mobil yang lebih sehari-harinya melalui jalan yang berbentuk menanjak ataupun kondisi jalan yang cenderung macet akan lebih mempengaruhi warna oli mobil yang harus diganti. Nah, untuk mengetahui lebih pasti ciri warna oli mobil yang harus diganti, simak tanda-tanda berikut ini.

Pahami 8 Tanda Warna Oli Mobil yang Harus Diganti dengan Akurat

Perhatikan Indikator Oli Pada Mobil

Jenis mobil keluaran terbaru pada umumnya sudah dilengkapi dengan indikator oli pada speedometer yang dapat membantu kamu mengetahui warna oli mobil yang harus diganti. Ketika indikator tersebut sudah menyala, jangan menunda untuk segera menganti oli ke bengkel mobil terdekat agar tidak menyebabkan kerusakan yang parah hingga kemungkina mesin mobil mati total.

Perhatikan Jarak Tempuh dan Jangka Waktu Penggunaan Oli

Warna oli mobil yang harus diganti tentu akan berubah seiring dengan bertambahnya jarak tempuh mobil ataupun ketika oli sudah digunakan untuk waktu yang cukup lama. Biasanya, untuk mobil yang sering digunakan setiap hari, oli mobil perlu diganti saat mobil sudah mencapai perjalanan sepanjang 10.000 kilometer.

Sebaliknya, jika mobil lebih sering tersimpan di garasi, kamu perlu mengingat apakah pemakaian oli sudah mencapai 6 bulan lamanya atau belum. Selain itu, jika perjalanan mobil setiap hari termasuk berat, biasanya warna oli mobil akan lebih cepat berubah dan tentu perlu segera diganti.

Cek Stik Pengukur Oli Mobil

Bukan hanya warna oli saja, memeriksa takaran oli juga perlu dilakukan secara berkala. Caranya adalah dengan membuka kap mobil , kemudian lihat stik pada tangki oli untuk mengetahui apakah takaran oli masih berada pada batas normal atau justru sudah berada jauh di bawahnya dan wajib segera diganti.

Mesin Mobil Cenderung Terdengar Berisik dan Terasa Kasar

Tanda lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai pertimbangan untuk mengganti oli adalah ketika suara mobil sudah terasa kasar dan mulai berisik. Biasanya, ciri seperti ini juga disertai dengan mesin yang mulai sulit dinyalakan, terlebih lagi jika usia mobil memang tergolong sudah tua.

Periksa Kartu Ganti Oli Secara Berkala

Seperti yang sudah kita bahas di awal artikel ini, kamu bisa melihat catatan yang tertulis pada kartu ganti oli untuk mengetahui tanda oli mobil sudah perlu diganti. Kartu ini pasti akan selalu diisi dengan terperinci oleh pihak bengkel mobil di mana kamu biasa melakukan ganti oli. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot melihat secara langsung warna oli mobil yang harus diganti.

Akselerasi Pada Mesin Mobil Menjadi Lebih Berat

Salah satu hal yang menandakan bahwa oli mobil wajib segera diganti yaitu ketika akselerasi mesin pada saat kamu menginjak pedal gas mobil terasa lambat dan lebih berat daripada biasanya. Respon mesin yang menjadi lambat tentunya disebabkan oleh kualitas pelumas oli yang sudah menurun sehingga gesekan antar komponen mobil menjadi lebih berat.

Pada kondisi seperti inilah, kamu perlu segera membawa mobil ke bengkel tidak hanya untuk mengganti oli saja, tetapi juga perlu diservice agar performa mesin dapat kembali normal.

Gataran Pada Mesin Mobil Cukup Tinggi

Tanda warna oli mobil yang harus diganti selanjutnya bisa kamu ketahui dengan merasakan getaran pada saat mesin mobil dinyalakan. Apabila getaran tersebut cukup kasar dan lebih tinggi daripada biasanya, itu berarti oli mungkin sudah berwarna hitam pekat. Sehingga fungsi pelumas oli juga sudah tidak bekerja dan membuat gesekan pada komponen mobil jadi lebih berat. Malah, situasi seperti ini bisa menyebabkan beberapa komponen penting menjadi terganggu dan rusak bila oli tidak segera diganti.

Terjadi Perubahan Warna Oli Mobil yang Harus Diganti

Warna oli mobil yang harus diganti ditandai dengan ciri oli yang sudah berubah menjadi encer dan berwarna hitam. Sangat jauh berbeda dengan oli baru yang masih kental dan berwarna keemasan. Perubahan tersebut berbanding lurus dengan perubahan kualitas oli yang semakin menurun dan membuat fungsi pelumas pada oli sudah hilang.

Ketika kamu menyadari adanya perubahan warna oli mobil yang harus diganti pada kendaraan roda empatmu, segera sisihkan waktu luangmu untuk membawanya ke bengkel ganti oli terdekat  yang bisa kamu temukan di Otoklix.

https://51ststatetavern.com/info-mobil/kapan-harus-ganti-oli-mobil/

Belum ada Komentar untuk "8 Trik Menentukan Warna Oli Mobil yang Harus Diganti Untuk Performa Mobil Maksimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel